Contact Us

Name

Email *

Message *

Beli Rumah Penghasilan Pas-pasan

Beli Rumah Penghasilan Pas-pasan

Kebutuhan akan tempat tinggal semakin marak di kota-kota besar maupun kota berkembang. Masih banyaknya warga yang belum memiliki tempat tinggal tetap menjadi alasannya. Memang, memiliki rumah bukan hal yang mudah apalagi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Namun, jangan khawatir kini telah menjamur perumahan tipe RS (rumah sederhana) yang harganya terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan pas-pasan.

Berikut ini adalah tips maupun pertimbangan yang harus Anda perhatikan jika Anda mau mengambil rumah baru dengan penghasilan pas-pasan.
Lokasi
Hal pertama dan utama yang harus Anda perhatikan adalah lokasi. Seperti yang dikatakan banyak pakar property bahwa lokasi sangat menentukan prospek property yang Anda beli. Bahkan kalau saya boleh jujur, ketika ditanya 5 hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli property? Saya akan menjawab lokasi, lokasi, lokasi, lokasi, dan lokasi.

Lokasi komplek perumahan yang strategis mempengaruhi perkembangan properti Anda.  Ada beberapa syarat property itu dikatakan baik. Di antara beberapa syarat-syarat tersebut antara lain: perumahan punya akses yang jelas (jalan perumahan bukan jalan kampung orang lain), dilalui/dekat dengan  kendaraan umum (angkutan kota, kereta, dll.), dekat dengan fasilitas umum (sekolah, rumah sakit, pasar, dll.). Hal-hal tersebut menjadi jaminan bahwa property Anda mempunyai prospek yang bagus ke depannya walaupun ketika Anda beli harganya murah.

Pengembang
Banyak orang tertipu dengan janji-janji pegembang yang menjual property dengan harga sangat miring. Hati-hati jika Anda menemukan kasus ini. Saat ini banyak sekali pengembang-pengembang bodong yang membawa lari uang konsumen dengan berbagai modus. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli rumah pelajari track record pengembang perumahan tersebut.

Penghasilan
Saat Anda memutuskan membeli rumah, penghasilan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bagaimana Anda membeli rumah ditentukan oleh penghasilan Anda. Apakah Anda akan membeli dengan cash, bertahap, atau cicilan? Bagi masyarakat berpenghasilan rendah, cara terakhir adalah yang paling tepat. Bukan bermaksud menghakimi tetapi itulah jalan yang Anda tempuh sebelum Anda jatuh bangrut. Salah-salah rumah Anda disita bank karena tak mampu membayar cicilan.

Spesifikasi Rumah
Rumah-rumah tipe sederhana biasanya sering disebut rumah BTN (bangunan tidak normal). Maksud dari singkatan tersebut adalah rumah-rumah tipe RS (rumah sederhana) biasanya proses pembangunannya asal-asalan. Hal ini sangat wajar karena harganya murah. Namun, hal ini tentu tidak berlaku untuk semua perumahan. Baik buruknya kualitas rumah ditentukan juga oleh pengembang. Biasanya ketika kita mau membeli rumah terlebih dahulu Anda akan ditunjukkan spesifikasi rumah termasuk tipe dan bahan penyusunnya. Tapi, jangan heran ketika sudah ready kualitas tidak sesuai dengan bayangan atau model di brosur. Oleh karena itu, saran saya ketika proses pembangunan unit rumah Anda sempatkanlah waktu barang sebentar ke lokasi. Apa tujuannya? Mintalah kepada pekerja untuk diberikan bahan-bahan yang bagus untuk rumah Anda. Tentu tidak gratis, ya berilah uang untuk beli di warung.

Ke empat hal di atas adalah kunci ketika Anda memutuskan membeli rumah baru. Semoga dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang belum memiliki rumah dan mau membeli rumah. Jangan takut membeli rumah, karena membeli rumah tidak ada ruginya. Daripada Anda ngontrak tidak ada nilai investasinya sama sekali. Harga jual rumah Anda tidak akan turun walaupun terkena dampak krisis ekonomi sekalipun. Selamat berjuang dan semoga sukses!




Back To Top