Contact Us

Name

Email *

Message *

Dokumen Pengajuan KPR BTN

Dokumen Pengajuan KPR BTN

Tentu Anda tidak asing dengan KPR? Cara ini sangat membantu mewujudkan Anda memiliki sebuah rumah tinggal sendiri. Jika Anda berniat membeli rumah dengan cara KPR ada baiknya Anda persiapkan dulu dokumen-dokumen berikut ini.

Fotocopy KTP
Jika Anda masih single cukup KTP Anda saja. Jika Anda sudah berkeluarga lampirkan pula fotocopy KTP istri, kartu keluarga (KK), dan surat nikah.

Surat Keterangan Domisili
Surat domisili diperlukan jika Anda membeli rumah diluar domisili Anda (alamat KTP). Anda dapat meminta surat ini di kantor kelurahan. Surat itu akan menerangkan bahwa Anda memang benar-benar berdomisili di kecamatan atau desa tersebut.

Pas foto 3x4
Siapkan beberapa foto ukuran 3x4 bisa berwarna maupun hitam putih.

Surat keterangan aktif bekerja
Walaupun terlihat sepele namun surat keterangan aktif bekerja justru sangat penting. Bank pemberi kredit  akan melihat lama waktu Anda bekerja. Bank memang menyaratkan pemohon kredit harus bekerja minimal 2 tahun di instansi yang sama.

Add caption
Slip gaji
Banyak orang memanipulasi slip gaji agar sesuai dengan ketentuan KPR yaitu 3x angsuran bulanan. Anda bisa bekerja sama dengan bendahara instansi Anda untuk membuatkan slip gaji yang Anda inginkan. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah kemampuan Anda membayar sebenarnya sebatas apa. Di samping itu, ada juga yang justru memangkas gaji di slipnya untuk membeli rumah. Ini terjadi pada rumah-rumah BTN subsidi yang memang menyaratkan pemohon KPR mempunyai penghasilan maksimal yang ditentukan pihak Bank. Biasanya bank meminta slip gaji 3 bulan terakhir.

SK Pengangkatan awal dan akhir
Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menggunakan SK CPNS dan PNS. Bagi pekerja di perusahaan swasta gunakanlah SK pengangkatan pegawai yang diberikan kantor Anda.

Fotocopy NPWP dan PPh Pribadi (PPh 21)
Selain beberapa hal di atas Anda juga harus menyiapkan copy NPWP dan juga copy Pajak Penghasilan pribadi Anda.

Ketujuh hal di atas adalah persyaratan yang lazim disiapkan dalam proses pengajuan KPR. Jika ada hal-hal lain yang perlu ditambahkan pasti tidak jauh-jauh dari hal-hal di atas.



Back To Top