Contact Us

Name

Email *

Message *

Mengapa KPR Ditolak Bank?

Mengapa KPR Ditolak Bank?

Kredit Pemilikan Rumah merupakan cara yang didambakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah. Selain biaya DP dapat ditekan, proses pengembalian biaya KPR ke bank biasanya cukup lama. Bahkan BTN juga menyediakan KPR dengan jangka waktu pengembalian di atas 15 tahun. Tentu hal ini semakin memudahkan masyarakat yang mendambakan memiliki rumah sendiri.

Namun, tahukan Anda bahwa ada sebagian orang yang sudah berharap banyak pada bank untuk membiayai pemilikan rumahnya justru berakhir kecewa? Berikut ini beberapa alasan mengapa bank menolak KPR seseorang:

Black List Bank Indonesia
Banyaknya tanggungan yang belum terbayar atau sengaja tidak dibayar menjadi alasan bagi pihak bank melakukan black list terhadap nasabah. Kartu kredit biasanya menjadi penyebab terbanyak mengapa bank melakukan black list kepada nasabah. Tentu saja bank tidak mau berspekulasi mengucurkan kredit kepada nasabah-nasabah yang “nakal”.

Pendapatan/Gaji
Bagi perumahan BTN komersil biasanya menyaratkan penghasilan minimal 3x dari angsuran yang menjadi tanggungan tiap bulannya. Misalnya angsuran rumah tiap bulan Rp. 1.000.000,00 maka penghasilan yang harus Anda lampirkan saat pengajuan minimal Rp. 3.000.000,00. Jika penghasilan tidak mencapai nomilan 3x angsuran bagaimana? Santai saja, saya sarankan untuk bekerja sama dengan kantor agar membuatkan slip gaji yang nominalnya sesuai ketentuan. Apakah hal ini diperbolehkan? Tentu saja, bahkan marketing perumahan biasanya justru menyarankan. Tapi, yang perlu Anda ingat adalah sampai batas mana kemampuan Anda untuk membayar sebenarnya. Jika memang tidak mampu jangan dipaksakan. Bisa-bisa rumah Anda disita bank karena tak mampu membayar angsuran.

Bagi perumahan BTN subsidi biasanya mengusung pendekatan berbeda. Perumahan BTN subsidi memang diperuntukan untuk MBR jadi penghasilan pun dibatasi. Biasanya penghasilan pihak pemohon tak lebih dari Rp. 2.500.000,00. Nominal itu merupakan tetapan atau acuan layak tidaknya pemohon diberikan bantuan kredit.

Verifikasi Data Pemohon
Banyaknya data yang harus dikumpulkan sebagai persyaratan pengajuan KPR kadang membuat pemohon malas. Dokumen yang biasanya menjadi pengganjal keberhasilan proses KPR adalah lama masa kerja. Persyaratan untuk dapat mengajukan KPR adalah 2 tahun kerja. Data-data lain asal sesuai dengan data asli tentu bukan masalah.

Mutasi Rekening
Rekening memberikan informasi mengenai transaksi Anda dari waktu ke waktu. Dari transaksi tersebut bank dapat menilai income Anda setiap bulan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali melakukan mutasi rekening untuk mengelebuhi pihak bank pemberi kredit.



Back To Top