Contact Us

Name

Email *

Message *

Berapa Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun?

Berapa Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun?

Investasi di bidang properti memang tidak pernah ada ruginya. Selain harganya yang selalu naik, kenaikan harga properti pun kadang tak bisa diprediksi. Kenaikan harga properti biasanya ditentukan oleh geliat pasar, kebutuhan akan properti itu sendiri, lokasi, dan proyek-proyek baru di sekitar properti tersebut.

Berapa Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun?
Berapa Kenaikan Harga Rumah Tiap Tahun?
Salah satu investasi properti yang diminati banyak orang adalah rumah. Baik itu rumah sederhana atau rumah-rumah mewah milik pengembang-pengembang besar. Jika kita ingin berinvestasi di bidang perumahan, kita harus tahu dulu berapa kenaikan harga rumah itu dalam satu tahun?

Saat ini, trend harga rumah di Indonesia sedang bagus-bagusnya. Kenaikan harga per tahun dapat mencapai 10-30% dari harga semula. Hal itu tentunya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang telah saya sebutkan di atas. Bahkan, kenaikan harga developer bisa mencapai 50% tiap tahun. Tapi tentu tidak bisa disamakan harga developer dengan harga milik perorangan.

Bisa kita bayangkan, dengan kenaikan seperti itu, investasi properti melebihi jenis investasi lainnya seperti deposito yang bunga per tahunnya berada di kisaran maksimal 7%. Jika kita membeli sebuah unit rumah dengan harga 100 juta, maka setahun kemudian kita bisa menjualnya kembali di harga 130 juta. Harga itu bahkan bisa lebih.

Jika ingin berinvestasi rumah, carilah lokasi yang terus berkembang. Jika budjet kita minimal, boleh mencari rumah di kota-kota satelit yang menyokong perekonomian kota besar. Misal di daerah Tangerang dan Serpong. Khusus daerah serpong, berinvestasi rumah dari saat ini pasti tak ada ruginya. Kota ini akan terus berkembang karena banyak developer besar di sini. 



Back To Top