Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara Mempercepat Angsuran Rumah

Cara Mempercepat Angsuran Rumah

Periode angsuran yang lama kadang membuat orang jenuh. Misalnya saja bagi orang-orang yang mengambil KPR dengan lama angsuran lima belas tahun. Waktu lima belas tahun bukanlah waktu yang pendek. Apalagi, semakin lama periode angsuran semakin besar pula kita berdana pada pihak bank. Dengan kata lain, besaran bunga yang kita bayarkan semakin besar.

Mempercepat Angsuran Rumah
Ada cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan di atas. Cara itu adalah pembayaran ekstra. Pembayaran ekstra artinya menyetorkan sejumlah uang untuk mempercepat proses angsuran rumah. Biasanya ekstra diberikan setelah setahun masa angsuran. Dengan kata lain pada angsuran ke-13 kita baru boleh ekstra. Ekstra juga mengenal batasan minimal. Biasanya minimal 5 kali angsuran. Misalnya, angsuran bulanan rumah saya adalah 1 juta, maka jika saya mau ekstra minimal yang harus saya setor adalah 5 juta. Semakin besar ekstra yang dibayarkan semakin mempercepat selesainya angsuran rumah. Misal, dari awalnya masih 10 tahun menjadi 8 tahun saja.

Di samping itu, ekstra biasanya hanya diperkenankan dipakai dua kali. Jadi, kita harus pandai menentukan kapan kita mau membayar ekstra dan kapan tidak. Selain mempercepat proses angsuran, ekstra juga dapat digunakan untuk memperkecil nilai angsuran. Misal dari angsuran awal 1 juta setelah ekstra menjadi 800 ribu. Jika ekstra dilakukan untuk memperkecil angsuran maka durasi angsuran sifatnya tetap.



Back To Top