Contact Us

Name

Email *

Message *

Tips Membeli Rumah Bekas

Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas memang gampang-gampang susah. Banyak pertimbangkan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli. Jangan sampai dikemudian hari Anda justru menyesal. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

1. Lokasi Rumah
Lokasi rumah menjadi pertimbangan utama. Faktor lokasi menjeadi penentu prospek rumah ke depan. Apakah harga rumah akan stagnan atau meningkat. Selain itu, lokasi yang strategis juga memudahkan pemilik rumah dalam mobilisasi. Oleh karena itu pilihlah lokasi rumah yang menjual dan jangan memilih lokasi perumahan yang salah.

2. Kondisi Rumah
Jika kita membeli rumah, tentukan dulu peruntukannya. Apakah akan ditempati atau sekadar investasi. Jika rumah akan ditempati maka pilihlah rumah yang masih layak huni. Jika tidak, meskipun kondisi rumah rusak pertimbangkan biaya yang akan digunakan untuk renovasi. Kecuali jika rumah itu diperuntukkan sebagai investasi.

3. Harga Rumah
Jangan terburu nafsu saat membeli rumah. Jika lokasi dan kondisi rumah sudah cocok, harga menjadi pertimbangan berikutnya. Memang tidak mudah mencari rumah dengan harga yang murah. Tapi paling tidak mendapatkan rumah dengan harga di bawah pasaran atau pasaran. 

4. Surat-Surat
Jangan pula lupakan aspek legalitas rumah yang akan Anda beli. Hal ini sangat penting karena menyangkut sah tidaknya rumah yang Anda miliki. Jika ternyata dikemudian hari surat-surat rumah Anda bodong, siapa yang akan Anda salahkan. Uang melayang, rumah pun tak jadi dimiliki. Oleh karena itu, cobalah minta bantuan notaris untuk menentukan aspek legalitas rumah.



Back To Top