Contact Us

Name

Email *

Message *

Kredit Rumah BTN: Pilih Angsuran Flat atau Mengikuti Suku Bunga?

Kredit Rumah BTN: Pilih Angsuran Flat atau Mengikuti Suku Bunga?

Saat kita ingin membeli rumah BTN dengan sistem kredit atau biasa disebut KPR, ada hal yang harus diperhatikan khususnya menyangkut teknik angsuran. Sejauh yang saya tahu, biasanya pengembang yang bekerja sama dengan pihak bank menawarkan dua jenis angsuran. Pertama, angsuran flat selama periode angsuran dan kedua, angsuran yang mengikuti suku bunga bank (anuitas).

Kredit Rumah BTN
Kredit Rumah BTN
Jika kita mengambil rumah dengan cicilan flat, maka selama periode angsuran besaran cicilan kita tidak akan berubah meskipun bunga bank naik atau turun. Misalnya, jika kita membeli rumah seharga 100 juta rupiah dan besaran yang di-KPR-kan adalah 80 juta rupiah dengan angsuran flat tiap bulannya 1.300.000,00 selama 10 tahun. Nilai  tersebut akan terus bertahan dan tidak akan mengalami perubahan. Kelebihan mengangsur dengan sistem ini adalah kita dapat memprediksi kemampuan kita sejak awal tanpa takut tidak mampu bayar di tengah jalan. Namun, jika bungan bank turun berarti kita harus rela merugi karena cicilan kita tidak pernah berubah.

Jika kita mengambil rumah dengan angsuran mengikuti bunga bank (anuitas) maka besaran cicilan kita berubah-ubah mengikuti bunga bank. Jika bunga bank turun, maka cicilan pun turun. Sebaliknya, jika bunga bank naik, maka cicilan kita juga akan naik. Pengalaman salah seorang teman yang mempunyai cicilan anuitas dengan besaran cicilan awal 1 juta, saat bunga turun, besaran cicilannya bisa 900 ribu, namun saat bunga bank naik seperti saat ini besaran angsuran mencapai 1,5 juta. Jadi, jika Anda memutuskan untuk kredit rumah dengan sistem ini harus siap dengan segala kemungkinan termasuk yang terburuk sekalipun.

Selain dua hal di atas, ada juga bank dan pengembang yang memberikan pola kredit flat selama durasi waktu yang ditentukan, selanjutnya mengikuti bunga bank. Nah, bagi Anda yang ingin membeli rumah pelajari dulu baik-baik kemampuan Anda baru kemudian tentukan dengan sistem bagaimana Anda akan mengangsur rumah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.



Back To Top