Investasi Rumah Dan Tanah, Mana Yang Lebih Untung?

Apakah Anda seorang yang memiliki simpanan uang dan sedang ingin menginvestasikannya? Atau Anda sedang bingung ingin menginvestasikan uang Anda pada rumah atau pada tanah? Anda bingung manakah yang lebih menguntungkan? Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan investasi rumah dan tanah yang wajib Anda ketahui sebagai panduan atau referensi bagi Anda yang sedang ingin berinvestasi.


Investasi rumah
a. Kelebihannya

Orang cenderung lebih tertarik membeli rumah dibanding membeli tanah, karena itulah menjual rumah akan lebih mudah daripada menjual tanah.
Rumah bisa disewakan, sementara tanah tidak. Jika Anda memilih rumah, berarti Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan sambil Anda menunggu harga rumah naik.
Rumah lebih mudah dijadikan sebagai agunan Bank. Sehingga saat Anda terdesak, ia bisa menjadi malaikat penolong Anda.


Investasi Rumah Dan Tanah

Rumah juga bisa dijadikan tempat tinggal, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.
b. Kekurangannya

Kenaikan harga rumah lebih rendah daripada tanah, yaitu hanya berkisar 15 - 20% per tahun.
Rumah memerlukan biaya perawatan. Sebab, jika rumah tidak dirawat bisa-bisa harga jualnya akan turun.
Selain biaya perawatan, Anda juga mesti mengeluarkan biaya asuransi jika Anda tak mau investasi Anda sia-sia apabila sewaktu-waktu terjadi musibah.
Selain itu, Anda juga akan diwajibkan membayar pajak rumah, yang biasa disebut PBB.



Investasi tanah
a. Kelebihannya

Kenaikan harga tanah cenderung lebih tinggi daripada rumah. Ya, berkisar antara 20 - 25% per tahun.
Tidak ada biaya perawatan.
Tidak ada biaya asuransi, karena tidak memiliki risiko.
b. Kekurangannya

Tanah agak susah jika disewakan. Jadi Anda tidak akan mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi tanah saat Anda sedang menunggu harga tanah naik.
Sulit dijadikan sebagai agunan Bank.
Menjualnya pun juga cenderung lebih sulit, ditambah lagi jika tanahnya juga luas. Sebab, sedikit sekali orang yang berminat membeli tanah dalam ukuran yang luas.
Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing investasi rumah dan tanah, mana yang lebih untung menurut Anda? Investasi rumah atau tanah? Silahkan Anda nilai dan pertimbangkan sendiri! Akan tetapi kami lebih merekomendasikan untuk memilih investasi rumah. Sebab, menurut kami investasi rumah lebih menguntungkan dibanding investasi tanah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sebagai referensi Anda dalam berinvestasi!

Baca Juga