Contact Us

Name

Email *

Message *

Menentukan Harga Jual Rumah Over Kredit

Menentukan Harga Jual Rumah Over Kredit

Menentukan Harga Jual Rumah Over Kredit. Berapa harga yang pantas untuk rumah saya kalau mau diover kredit? Itulah pertanyaan mendasar yang biasanya muncul saat seseorang memutuskan menjual rumah dengan sistem over kredit. Jika harga over kredit terlalu murah pastinya rugi dan jika terlalu mahal sulit terjual. Padahal tidak ada patokan yang jelas menentukan harga jual rumah secara over kredit.

Namun ada beberapa patokan yang dapat Anda jadikan untuk menentukan harga rumah Anda jika dilepas secara over kredit. Inilah beberapa di antaranya:

Uang muka dan biaya sampai akad kredit
Hal pertama yang mesti Anda ingat adalah berapa uang muka dan biaya-biaya yang Anda keluarkan saat pertama mengambil rumah hingga akad kredit. Biaya-biaya tersebut misalnya BPHTB, biaya notaris, ataupun biaya lain yang dibebankan developer kepada Anda. Misal uang muka yang Anda keluarkan 30 juta dan biaya-biaya 15 juta, berarti hingga akad kredit biaya yang telah Anda keluarkan 45 juta. Kalau mau ditambah biaya transportasi atau lain-lain juga boleh sih.. hihi (Namanya juga usaha. Ya to Kang???)

Menentukan Harga Jual Rumah Over Kredit

Besaran cicilan yang sudah dibayarkan
Biasanya ada 2 jenis cicilan atau angsuran KPR di bank yaitu flat dan mengikuti bunga bank. Jika cicilan KPR Anda flat maka dengan mudah dapat menghitung besaran yang telah Anda keluarkan. Tinggal print out buku tabungan pasti ketahuan. Jika angsuran Anda mengikuti suku bunga Bang, Anda bisa melakukan hal serupa atau mengira angsuran yang telah Anda keluarkan. Misalnya selama 3 tahun mengangsur Anda sudah mengeluarkan 50 juta rupiah.

Kenaikan harga properti setempat
Ketiga, pahami dengan baik trend atau kenaikan harga properti di sekitar lokasi rumah Anda. Anda bisa bertanya kepada tetangga sekitar atau mencari tahu informasi dengan berpura-pura menjadi pembeli rumah. Pasti, Anda akan mendapatkan informasi yang akurat terkait pasaran rumah di sekitar Anda. Di samping itu, Anda juga dapat membuat perbandingan harga rumah dengan kondisi yang berbeda. Namun, ada rumus umum yang bisa Anda pakai jika Anda tidak mau repot yaitu kenaikan harga properti tiap tahun antara 10-20%.

Harga jual rumah dengan tipe serupa saat ini
Langkah ke empat yang dapat Anda lakukan adalah bertanya ke pemasaran atau lihatlah spanduk yang dipasang di sekitar lokasi perumahan untuk mengetahui pasaran rumah dengan tipe serupa saat ini. Dari harga tersebut Anda dapat menentukan kenaikan harga properti dan memberi harga yang pantas untuk rumah Anda. Jika tidak ada lagi pengembangan unit baru, bisa juga mencari referensi di internet atau meminta bantuan broker untuk menaksir harga jual rumah Anda.

O ya, ada yang terlupa yaitu biaya renovasi rumah juga perlu diperhitungkan (Itu hanya jika Anda telah merenovasi Rumah) 

Dari keempat hal di atas kemudian kalkulasikan sehingga didapatkan harga yang pantas bagi rumah Anda. Maksud dari harga yang pantas adalah tidak terlalu murah dan tidak kemahalan namun sesuai dengan kondisi rumah. Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menentukan harga jual rumah over kredit. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam



Back To Top