Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara Membayar Cicilan KPR Rumah Lewat Bank BTN

Cara Membayar Cicilan KPR Rumah Lewat Bank BTN

Bagi masyarakat yang mengambil KPR lewat Bank BTN tentu harus tahu bagaimana cara membayar angsuran rumah setiap bulannya. Bank biasanya memiliki dua sistem pembayaran yaitu bank mendebet langsung dari rekening nasabah atau nasabah menyetor uang ke bank melalui teller atau ATM. Berikut adalah Cara Membayar Cicilan KPR Rumah Lewat Bank BTN yang harus Anda ketahui:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke ATM, kemudian login dan memilih transaksi lain kemudian pembayaran hingga ketemu menu KPR. Kemudian Anda harus memasukkan nomor debitur Anda bukan nomor rekening. Nomor debitur biasanya tertera dalam Perjanjian Kredit (PK). Jika tidak ada, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak Bank melalui customer service.

Cara Membayar Cicilan KPR Rumah Lewat Bank BTN

Setelah memasukkan nomor debitur tersebut, Anda akan menemukan tiga menu yaitu "Info KPR" "Pembayaran Denda" dan "Pembayaran KPR". Info KPR berisi nominal yang harus Anda bayarkan bulan tersebut, denda yang harus Anda bayarkan, dan sisa pokok kredit Anda.

Jika Anda ingin membayar KPR untuk bulan tersebut, Anda cukup masukkan nominal yang sudah ditentukan. Jika Anda ingin membayar denda tinggal masukkan nominal yang sesuai. Mengapa? Karena jika pembayaran denda dilebihkan, sistem tidak bisa memproses, apalagi dikurangi. Jadi untuk pembayaran denda memang harus pas nominalnya.

Lalu bagaimana jika Anda ingin membayar ekstra untuk beberapa kali angsuran sekaligus? Untuk pembayaran ekstra KPR, sebatas yang saya ketahui belum bisa dilakukan melalui ATM. Artinya, Anda harus datang ke Bank BTN terdekat untuk melakukan pembayaran ekstra. Tanya prosedurnya dan apa imbasnya. Mengapa demikian? Karena biasanya pembayaran ekstra memiliki dua kemungkinan yaitu mempercepat masa angsuran tetapi angsurannya tetap atau mengurangi nilai angsuran tetapi masa angsurannya tetap. Sekian informasi mengenai cara membayar angsuran rumah melalui ATM BTN. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca blog saya yang budiman. Salam



Back To Top