Contact Us

Name

Email *

Message *

Mencari Tanah Dijual Murah

Mencari Tanah Dijual Murah

Tanah adalah properti yang memiliki nilai investasi cukup menjanjikan. Investasi tanah tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan seperti halnya rumah. Kenaikan harga tanah pun tak kalah jika dibandingkan properti lainnya. Inilah alasan mengapa banyak orang mencari tanah dijual murah baik dari internet ataupun survei langsung ke lokasi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tanah dengan harga yang murah dan memiliki nilai investasi tinggi:

Tanah Dijual Murah

Listing Tanah
Mencari listing tanah dapat dilakukan melalui internet ataupun survey on the spot ke lokasi. Jika Anda mencari di internet dan tidak ingin survei ke lokasi paling tidak Anda sudah mengenal dengan baik lokasi tanah tersebut. Ada beberapa situs penyedia informasi jual beli properti yang dapat Anda kunjungi.

Pelajari lokasi
Sebelum memutuskan untuk membeli tanah ada baiknya juga jika terlebih dahulu Anda pelajari lokasi tanah tersebut. Apakah tanah tersebut berada di lokasi yang premium dan memiliki nilai investasi tinggi karena prospeknya menjanjikan ataukah justru lama kenaikan harganya. Ciri-ciri lokasi tanah yang baik misalnya terletak di jalan utama, tidak dekat sutet, berada di lingkungan yang sudah ramai, ukuran tanah proporsional, dan bentuk tanah kotak atau ngantong. 

Cek harga pasaran
Setelah mempelajari lokasi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek harga pasaran di lokasi tersebut. Jangan sampai ketika sudah deal ternyata harga tanah kemahalan atau jauh di atas harga pasaran. Untuk mengecek harga pasaran Anda dapat meminta bantuan agen properti atau mencoba menghubungi jika ada tanah lain yang juga dijual di sekitar lokasi. Cara tersebut dilakukan sebagai pembanding harga antara tanah satu dan lainnya.

Cek sertifikat
Sertifikat menjadi aspek penting dalam transaksi jual beli. Legalitas kepemilikan atas sebuah tanah terdapat dalam sertifikat. Oleh karena itu, penting untuk meminta fotokopi sertifikat kemudian di cek di BPN agar jelas legalitasnya. Maklumlah, sekarang banyak sekali tanah yang memiliki sertifikat bodong atau bahkan lebih dari satu. Jika Anda tidak mau repot dapat menggunakan jasa notaris untuk melakukan pengecekan.

Transaksi dengan aman
Langkah terakhir adalah lakukanlah transaksi dengan aman di depan notaris. Antara penjual dan pembeli bertemu dan menyepakati harga sekaligus hak dan kewajiban yang harus dipenuhi ketika terjadi transaksi. Notaris biasanya akan menjelaskan panjang lebar mengenai proses pembayaran, hak dan kewajiban, serta biaya yang harus dibayarkan. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tanah harga murah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berinvestasi tanah. Salam



Back To Top