Contact Us

Name

Email *

Message *

Memilih Rumah Tinggal Bagi Pasangan Muda

Memilih Rumah Tinggal Bagi Pasangan Muda

Memilih rumah yang tepat adalah keharusan khususnya bagi pasangan muda. Rumah merupakan sumber inspirasi, teman, sekaligus istana yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi penghuninya. Rumah juga merupakan aset investasi yang tak ternilai harganya. Tak jarang, rumah juga merupakan simbol status sosial seseorang.

Nilai sebuah rumah dapat diukur melalui 3 hal yaitu nilai nominal, simbolik, dan substansi. Nilai nominal berarti rumah yang memiliki harga yang mahal lebih baik dibandingkan rumah dengan harga murah. Nilai simbolik artinya rumah dijadikan sebagai simbol bagi seseorang; entah itu kekayaan, status sosial, dan semacamnya. Rumah dilihat dari nilai substansi sangat subjektif karena tergantung pengetahuan dan pemikiran seseorang mengenai rumah itu sendiri. Misalnya saja, rumah bagi orang tertentu adalah sebagai tempat tinggal saja, tidak lebih.

Memilih Rumah Tinggal Bagi Pasangan Muda
Memilih Rumah Tinggal Bagi Pasangan Muda
Atas dasar beragam atribut yang diberikan kepada sebuah rumah itulah, memilih rumah harus mempertimbangkan beberapa hal, khususnya bagi Anda para pasangan muda yang baru mencoba untuk hidup berdikari. Beberapa pertimbangan tersebut di antaranya:

Penghasilan
Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah besaran penghasilan Anda. Nilai penghasilan Anda akan menentukan kemampuan membayar. Apakah memutuskan untuk membeli secara kontan atau membeli rumah dengan sistem KPR. Besarnya penghasilan juga turut menentukan tipe rumah yang nantinya Anda beli. Perhatikan 3K saat membeli rumah.

Lokasi
Pastikan lokasi perumahan yang Anda pilih memenuhi syarat lokasi perumahan yang baik. Selain itu, usahakan agar tidak terlalu jauh dari tempat kerja. Pasangan muda masih membutuhkan "jam terbang" dengan pasangan agar menjadi keluarga harmonis sehingga waktu adalah kunci untuk membangun hubungan harmonis tersebut. 

Kebutuhan
Sesuaikanlah jenis dan tipe rumah yang Anda beli dengan kebutuhan keluarga. Misalnya dalam hal luas tanah dan bangunan, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, desain rumah, dan sebagainya. 

Lingkungan sekitar
Lingkungan merupakan faktor penting apakah Anda kerasan atau tidak tinggal di lokasi tersebut. Lingkungan berkaitan erat dengan hubungan kekerabatan antarwarga, keamanan, dan kenyamanan. Penting kiranya memastikan lingkungan rumah Anda adalah lingkungan yang sesuai dengan tipe dan kepribadian Anda dan keluarga. Jika memungkinkan, bolehlah untuk membentuk komunitas yang sudah Anda kenal dengan baik sehingga tidak memerlukan adaptasi dengan lingkungan baru.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah baru bagi pasangan muda. Selain keempat hal di atas tentunya masih banyak faktor lain yang tidak dapat saya uraikan satu per satu. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi pasangan muda yang ingin mewujudkan membeli rumah baru.



Back To Top